Padang Panjang Wakili Sumbar Lomba Anugerah Kihajar Tingkat Nasional

Padang Panjang Wakili Sumbar Lomba Anugerah Kihajar Tingkat Nasional

| Dari Balaikota
484

Padang – Sebuah prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh pelajar Kota Padang Panjang. Tim Padang Panjang dinobatkan sebagai Juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam lomba Anugerah Kihajar, Selasa, (23/8).Anugerah Kihajar adalah lomba yang diprakarsai oleh Kemendikbud RI, yang bertujuan memotivasi siswa untuk memanfaatkan TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam pembelajaran, meningkatkan kompetensi siswa melalui pemanfatan TIK, dan memfasilitasi siswa untuk unjuk prestasi.

Lomba yang diperuntukan bagi siswa SD, SMP, SMA (sederajat) ini , untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 22 – 23 Agustus 2017.

Nelvia Rosi, A.Md selaku pendamping dan editor dari Siswa-siswi Pelajar Kota Padang Panjang menyampaikan kepada Pasbana.com perihal prestasi yang diraih pelajar Kota Padang Panjang tersebut.

” Selamat untuk Kota Padang Panjang, utusan untuk tingkat SD , M. Arif Tri Ananda berhasil meraih Juara 1 dan Keysa Safina Andini meraih Juara 2 , keduanya dari SDN 04 GUMALA, sementara untuk tingkat SMA diraih oleh Ilham Randa dari SMAN 1 Padang Panjang, ” ungkap Nelvia Rosi.

Anugerah Kihajar meperlombakan pengetahuan yan dipadu dengan kemampuan TIK. Lomba dibagi menjadi 2 tahapan. Tahap pertama pengetahuan dengan TIK dan tahap kedua persentase menganalisis masalah yg bersumber dari tv edukasi.

” Tahap pertama dilaksanakan SMK 5 Padang sedangkan tahap ke 2 nya di Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, ” tambah Nelvia.

Dengan diraihnya Juara 1 Anugerah Kihajar Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini, maka utusan Kota Padang Panjang berhak mewakili Provinsi di Tingkat Nasional November 2017 mendatang.

Anugerah Kihajar Tingkat Provinsi dilakukan serentak di seluruh Indonesia antara bulan Agustus – Oktober 2017. Petugas pusat dan juri tingkat nasional akan datang ke setiap provinsi. Anugerah Kihajar di setiap provinsi meliputi 2 kegiatan, yaitu:

Hari Pertama, melaksanakan pemilihan 9 finalis yang masing-masing merupakan 3 peringkat teratas siswa: SD/SMP/ SMA (sederajat).

Hari Kedua, Finalis mengikuti tes terkait kompetensi yang diukur berupa keterampilan (skill) dalam pemanfaatan TIK; yaitu membuat proyek dalam bentuk digital.

Dengan keberhasilan pelajar Kota Padang Panjang di ajang Anugerah Kihajar 2017 tingkat Provinsi ini, selaku Guru Pembimbing Nurmayeti S.Pd, Kepala Sekolah SDN 04 Gumala, Dra. Ernita beserta tim Pendamping Ade Ratna Juita dan Nelvia Rosi , mengucapkan rasa syukur atas pencapaian prestasi tersebut. (pasbana).

Facebook Comments