FGD Dalam Angka Menuju Satu Data

FGD Dalam Angka Menuju Satu Data

| Dari Balaikota
31

Padang Panjang, Kominfo – “Mari kita sama-sama pemberbaharui dan men-update data yang akan diberikan pada tahun 2019”, ajak Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano saat membuka kegiatan Focus Group Discudsion (FGD) Daerah Dalam Angka 2019 dan Menuju Satu Data Padang Panjang di Hall Lt. III Balaikota, Selasa (2/4).Kegiatan digelar oleh Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang bekerjasama dengan Dinas Kominfo Padang Panjang.

Turut hadir Ketua DPRD Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, unsur Forkopimda serta diikuti oleh Kepala OPD, Pimpinan Vertical di lingkungan Pemko Padang Panjang.

Fadly menyebutkan untuk diketahui, dalam arti sempit statistik dapat diartikan berupa data. Dan untuk memahami pentingnya penyajian data Fadly mengajak seluruh OPD untuk bersinergi dengan BPS dalam menyajikan data.

Kami ingin penyajian data yang diberikan jangan berupa angka yang sifatnya hanya dipajang, tetapi bagaimana cara kita mengemasnya dalam bentuk penyampaian yang masyarakat bisa mengetahui,” jelas Fadly.

Tidak hanya itu, tersedianya data yang akurat menjadi landasan untuk kebijakan pembangunan yang dapat bersifat real time. Data yang dimiliki jangan ditutupi, seperti data dari penerimaan pajak, penuntasan kemiskinan yang berupa masyarakat yang menerima dan berapa dana yang diberikan bagi masyarakat miskin tersebut.

Dari hal tersebut, Fadly meminta untuk seluruh OPD untuk dapat mensupply data yang mutakhir dalam ilmu statistik, sehingga tidak perlu repot-repot diakhir tahun merekap seluruh kegiatan.

Selanjutnya, agar data yang diberikan dapat dipahami masyarakat, bentuk penyajian data tersebut harus disajikan dengan menarik dan mudah dipahami.

Saya ingin penyajian data itu berupa info grafis yang transparan sehingga masyarakat dengan mudah memahamaminya,” tutup Fadly.

Sementara Kepala BPS Arius Jonnaidi, SE, ME menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang diharapkan dalam penyelenggaraan FGD salah satunya untuk memberikan informasi dan pemahaman bagi instansi dalam penyajian data yang akurat dan tansparan.

Sebagai untuk motivasi bagi insatansi lainnya, BPS memberikan penghargaan kepada instansi yang pemasukan tercepat, terlengkap dan akurat data pada tahun 2018 yakni BPKD, PDAM dan Kemenag. (Release Kominfo/ci/na).

Facebook Comments