BAZNAS Kota Padang Panjang Salurkan Bantuan Modal Usaha

BAZNAS Kota Padang Panjang Salurkan Bantuan Modal Usaha

| Dari Balaikota
285

Padang Panjang, Kominfo – Sebanyak 81 Mustahiq yang tersebar dari berbagai kelurahan di Kota Padang Panjang, menerima zakat berupa bantuan usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang Panjang. Bantuan tersebut merupakan bagian dari Program BAZNAS Kota Padang Panjang yakni Padang Panjang Makmur Tahap IV, dengan total zakat sebesar Rp. 250.300.000,-.Bantuan zakat diserahkan secara simbolis oleh Walikota Hendri Arnis yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Irianyah Tanjung. Acara berlangsung di Masjid Baitul Hikmah Kebun Sikolos,(20/12).

Adapun bantuan yang diserahkan diantaranya : kompresor, mesin jahit, geropak, dan peralatan lainnya.BAZNAS Kota Padang Panjang sebelumya telah mendata para penerima zakat melalui data dari Disperindag yang seterus dievaluasi kembali ke lapangan.

Walikota Hendri Arnis yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung menyampaikan apresiasi terkait program BAZNAS yang setiap tahunnya selalu mengumpulkan dan menyalurkan zakat kepada mustahiq melalui beberapa program kerja yang berorientasi kepada mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat Padang Panjang.

Diantara programnya yaitu Padang Panjang Makmur, padang Panjang Cerdas, Padang Panjang Sehat serta Padang Panjang Peduli. “ program ini sangat sejalan dengan visi dan misi Kota Padang Panjang,” katanya.

Kepada calon penerima zakat maupun para muzakki, dia mengharapkan agar bersama sama terus mendukung dan membantu mengembangkan setiap program yang ada pada BAZNAS Kota Padang Panjang.

“ Jika selama ini disisihkan 2 ½ % sebagai bentuk kewajiban berupa zakat, maka dimasa yang akan datang jumlah itu kiranya dapat ditingkatkan menjadi lebih dari 2 ½ % berupa infaq ataupun sadaqah”, katanya

Kemudian kepada para mustahiq, agar betul betul menjalankan usaha yang direncanakan untuk dikembangkan dengan bantuan dana yang disalurkan tersebut.

Sementara , Pimpinan BAZNAS Kota Padang Panjang Drs. H. Aswir Rasyidin Dt. Panjang menyampaikan secara nasional BAZNAS mempunyai tugas untuk mengentaskan kemiskinan. “ Baznas ditargetkan dapat mengentaskan kemiskinan sebesar 1%,” katanya.

Dikatakan, setiap tahunnya BAZNAS Kota Padang Panjang mendapatkan zakat yang cukup banyak.” Kalau kami hitung , di tahun 2016, BAZNAS Kota Padang Panjang medapatkan zakat sebesar 3,7 milyar rupiah, dimana 3,4 Milyar berasal dari ASN Kota Padang Panjang dan dari pribadi pribadi sebesar 300 Juta,” katanya

“ Potensi Zakat di Kota Padang Panjang cukupbesar yaitu 25 Milyar, kalau itu dipercayakan kepada Kita mengelolanya , tidak ada yang tidak bisa kita perbuat untuk memgentaskan kemiskinan diK Kota Padang Panjang,” sebutnya. ( Release Harris/yg)

Facebook Comments