BAZ Padang Panjang Salurkan Zakat Rp3,1 Miliar

BAZ Padang Panjang Salurkan Zakat Rp3,1 Miliar

| Dari Balaikota
424

Padang Panjang – Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang telah menyalurkan zakat sebesar Rp3,1 miliar kepada mustahik atau penerima zakat di daerah itu selama 2015.

“Terhitung dari Januari sampai Desember 2015, kami telah menyalurkan dana zakat kepada penerima dengan total Rp3.194.105.423 miliar,” kata Ketua Harian BAZ Padang Panjang Rafles Sama di Padang Panjang, Kamis.

Dia mengatakan pendistribusian zakat tersebut diberikan kepada penerima zakat melalui beberapa program, seperti ekonomi produktif atau Padang Panjang makmur disalurkan sebesar Rp1,09 miliar.

Selanjutnya Padang Panjang Cerdas sudah disalurkan sebesar Rp779.4 juta, Padang Panjang sehat sebesar Rp136.7 juta dan Padang Panjang peduli sebesar Rp813.2 juta.

“Untuk amil zakat yang dipergunakan untuk operasional sebesar Rp366.3 juta. Sementara insidentil hampir setiap hari kami salurkan,” ujarnya.

Dalam menyelurkan zakat, BAZ terlebih dahulu melakukan verifikasi mustahik supaya zakat yang diberikan itu tidak salah sasaran.

“Kalau di program ekonomi produktif, kami melakukan rekomendasi dari pengurus masjid,” ujarnya.

Sementara dana zakat yang diberikan untuk pendidikan disalurkan kepada siswa dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin, namun mereka memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan.

“Kami memberikan semacam beasiswa yang bertujuan untuk mendorong agar para siswa/mahasiswa tersebut bisa melanjutkan pendidikannya walaupun mereka keterbatasan ekonomi,” katanya.

Ia menyampaikan dana zakat yang disalurkan kepada mustahik tersebut berasal dari zakat seluruh Aparatur Negeri Sipil (ASN) dan para pengusaha yang ada di daerah itu.

“Untuk ASN yang menyalurkan zakatnya melalui BAZ rata-rata 2,5 persen dari gaji yang diterimanya. Sedangkan pengusaha kami tidak menetapkan, tergantung dari keinginan pengusaha itu sendiri,” sebutnya.

Penerima zakat dari BAZ Padang Panjang melalui program ekonomi produktif Sunima, merasa sangat terbantu oleh program BAZ tersebut untuk kelangsungan hidupnya.

“Sekarang modal untuk dagang sudah mulai bertambah seiring adanya bantuan dari BAZ Padang Panjang, mudah-mudahan bisa berkembang dan menjadi muzakki nantinya,” ujarnya. (Humas)

Facebook Comments