Apel Gelar Pasukan Uji Laik Kendaraan Angkutan Lebaran Jangan Segan Menindak Tegas Kendaraan Tak Laik Jalan

Apel Gelar Pasukan Uji Laik Kendaraan Angkutan Lebaran Jangan Segan Menindak Tegas Kendaraan Tak Laik Jalan

| Dari Balaikota
349

Para petugas yang menguji kelaikan kendaraan angkutan lebaran harus bekerja dengan penuh tanggung jawab. Sekiranya ada kendaraan angkutan lebaran yang tidak laik jalan, namun tetap beroperasi, maka jangan segan untuk mengambil tindakan tegas.

“Jangan pernah melakukan pungli untuk hal tersebut, hal ini menyangkut keselamatan dan nyawa manusia.,” ungkap Walikota Padang Panjang Hendri Arnis yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan I Putu Venda saat memimpin Apel Gelar Pasukan Uji Laik Kendaraan Angkutan Lebaran, Kamis (15/6) di Terminal Bukit Surungan.

 

Menurutnya, Jika kendaraan tersebut tidak laik jalan dan tetap dioperasionalkan, maka bukan saja membahayakan pengemudi dan penumpang, namun juga bisa mencelakai orang lain.

Uji Ulang Kelaikan Kendaraan Angkutan Lebaran Tahun 2017 ini dititik beratkan kepada : Kendaraan Mobil Penumpang, Kendaraan Mobil Bus dan Kendaraan Angkutan Kota dengan memeriksa cek fisik dan syarat teknis pada kendaraan tesebut0.

Adapun pemeriksaan cek fisik dan syarat teknis, sasarannya antara lain : Rangka Landasan, Motor Penggerak, Sisitem Pembuangan, Penerus Daya, Sistem Roda, Sistem Suspensi, Alat Pengendali, Sistem Rem, Lampu Lampu, Badan, Bodi Kendaraan, Komponen Pendukung,Surat Kendaraan, Kelengakapan tanggap darurat angkutan umum.

 

Pelaksanaan Uji Laik Kendaraan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang dengan dibantu penguji pada UPTD – Pengujian Kendaraan Bermotor.

Disamping itu , Kepada peserta apel yang terdiri dari unsur Dinas Perhubungan, Pol PP dan Satlantas, ia menyampaikan agar selalu menjaga sinergitas.

“Keberhasilan kita menjaga keamanan, kenyamanan dan kesuksesan pengguna prasarana jalan dalam rangka lebaran Idul Fitri tahun 2017, sangat ditentukan oleh kita semua para stakeholder,” pungkasnya.

Sementara, selaku Kepala Dinas Perhubungan I Putu Venda menyampaikan agar berkejar dengan HATI yakni ‘Harus Akurat Tanpa Imbalan’.

Turut hadir dalam acara tersebut, FORKOPINDA Kota Padang Panjang, para kepala OPD dan undangan lainnya.

Dipenghujung acara, Kepala Dinas Perhubungan I Putu Venda bersama sama dengan FORKOPINDA dan Sejumlah Kepala OPD melakukan pemasangan stiker terhadap angkutan lebaran yang telah melewati uji kelaikan kendaraan. (Releas- Haris/yg)

Facebook Comments