71 Orang Anak MIUT Thawalib Putra Laksanakan Khatam Al-Qur’an

71 Orang Anak MIUT Thawalib Putra Laksanakan Khatam Al-Qur’an

| Dari Balaikota
251

Padang Panjang, Kominfo – Dibawah binaan Taman Pendidikan Al – Qur’an (TPQ) Abdul Muluk, Madrasah Islamiyah Unggul Terpadu (MIUT) Thawalib Padang Panjang mengadakan Wisuda Khatab Al -Qur’an ke- X untuk Siswa – siswinya di Aula Thawalib Putra Padang Panjang, Jum’at (20/4).Acara dibuka langsung oleh Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Emir Emil Elmaulid, dihadiri oleh Pimpinan Yayasan Perguruan Thawalib Ali Usman Suib, SE, Kepala Sekolah MIUT serta orang tua wali murid.

Dalam sambutannya Emir menyampaikan TPQ adalah salah satu tempat untuk mempelajari dan membaca Al-QUr’an bagi anak, yang mempunyai peran dalam membentuk watak dan karakter anak.

Maka dari itu sejak dini inilah anak diberi bekal agar mereka tidak terpengaruh akan keadaan zaman saat ini, “ jelas Emir.

Saat ini banyak generasi muda yang terjerumus dalam dunia pergaulan bebas, narkoba hingga kenakalan remaja yang membuat masa depan mereka tidak ada artinya.

Jika dilihat belakangan ini, perilaku anak remaja sangatlah miris dan memperhatinkan. Perlu perhatian yang lebih dari orangtua untuk anaknya naik itu pergaulannya, pendidikannya, kesehatan hingga aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan.

Dengan begitu kita berharap melalui pelaksanaan Khatam Al-Qur’an ini, dapat menciptakan muhasabah rasa instropeksi diri dengan menyimak serta menghayati isi kandungan Al-Qur’an,” tuturnya.

Sementara itu Ali Usman menuturkan sangat mengapresiasi untuk guru – guru, berkat kerja keras mereka dalam mewujudkan acara ini.

Saya sangat terharu melihat anak- anak yang tampil, kita mengambil bukan khatamnya, tapi Al-Qur’annya, karena terdapat 3 makna yang terkandung didalamnya,” tambah Ali.

Ali juga memaparkan untuk peserta yang khatam kiranya dapat mengamalkan apa yang telah dipelajari serta dapat memisahkan dan meninggalkan yang buruk sehinngga menciptakan generasi islami.

Kami harap kakian dapat mengamalkan yang baik untuk diri sendiri dan membuang yang buruk jika kalian temui,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala MIUT Laswati, S.Ag menyampaikan ini merupakan salah satu program madrasah yakni membaca Al-Qur’an selama dua jam, Shalat, Tahfidz, hingga penyelenggaraan shalat jenazah.

Dari kecil sudah ditanamkan pengajaran yang mendasari islam agar mereka memiliki tonggak serta bekal yang bisa diamalkan kedepan nanti.

Harapan semoga anak – anak yang khatam ini kedepannya mengamalkan apa yang telah mereka pelajari, menjadi motivasi bagi anak2 lainnya,” tutup Laswati.

Lanjut, Susi Fitria, S.Pdi menyebutkan jumlah peserta yang wisuda khatam ini sebanyak 71 orang anak. Tujuan dilaksanakan khatam ini untuk memotivasi anak- anak agar mencintai nilai – nilai islami yang terkandung dalam Al-Qur’an. Kategori yang dikhatam kali ini yakni Tahfidz dan Tilawah.

Untuk anak kita yg khatam terus tingkatkan pengajarannya jangan hanya sampai disini, dan bagi anak yang belum punya kesempatan teruslah belajar dan jangan putus asa,” akhir Susi. (Release Kominfo/cg)

Facebook Comments